PC/laptop lemott?

mungkin diantara kita ada yang pernah mengeluh/mendengar keluhan tentang PC/Laptop yang lambat?? BANYAK!!! dan saya yakin banyak diantara kita yang menjadi tambatan hati bagi orang orang awam tentang hal ini, dan celakanya yang ditanya juga orang awam (? mateng koen, hehehe), well here are my tips :


1. biasanya penyebab PC lambat adalah banyaknya program yang berjalan di background....jadi, pertama tama coba cek di system tray (itu tuh, yang biasanya di pojok kanan taskbar) and voila! biasanya aplikasi yang tidak digunakan saat itu banyak yang nangkring disana, seperti program messenger-pengalaman yang paling sering lihat -_-. solusinya, matikan semua yang tidak digunakan pada saat itu -efisiensi sumber daya = efisiensi waktu = efisiensi duit- dan program yang ada pada startup, bisa diatur lewat msconfig (start>run>msconfig).

2. penyebab kedua adalah......banyaknya icon pada desktop -_____- ini penyebab kedua sepanjang karir saya sebagai troubleshooter, seringkali BANYAK sekali icon pada desktop, dan beberapa diantaranya cuman dipake seminggu sekali /swt. solusi : klik kanan pada desktop>view, hilangkan centang pada show desktop icon atau hapus (delete) saja semua shorcut yang jarang dipakai.

3. penyebab ketiga adalah...antivirus, how come? yah, antivirus itu seperti motor koplingan; keren, tapi repot makenya (dan boros), hehehehe. satu hal yang saya BENCI dari antivirus berbayar seperti norton, Mcafee, kaspersky, dkk adalah konsumsi memorinya o_0 ndak nahann. dan lagi, dalam beberapa kasus saya kadang2 menemui orang yang pake lebih dari 1, atau bahkan 2 antivirus. kecuali laptop/PC anda merknya alienware, hal ini tidak saya sarankan. solusi : soal ini tergantung dari resource PC/Laptop masing2, jadi cukup relatif; gunakan yang sesuai dengan resource/RAM/Memory anda saja, dan pakenya 1 aja ; )

4. penyebab keempat....Wallpaper. sedikit banyak, wallpaper juga berpengaruh terhadap performa. gak percaya? saya pernah coba pasang wallpaper dengan resolusi 10000x7009, dan beratnya.....makjann, laksana anak bebek yang IMUT disuruh NARIK humvee -___-. solusinya, pasang wallpaper yang sesuai denga resolusi maksimal monitor, jangan lebih. dan biasanya gambar dengan format .PNG (vektor) lebih berat dari .JPG - CMIIW

5. penyebab kelima - program "optimize" why I put up this one here? well, karena dari pengalaman, kebanyakan program yang memiliki kata "optimize" - dan sinonim serta kawan kawannya- hanya akan memenuhi memori, and at best, do nothing at all. solusinya, jangan diinstall B-)

6. penyebab terakhir : program. ini saya jelaskan dengan contoh aja dah; sebagian besar "klien" (temen sendiri *peace*) pake Ms Office 2007 untuk urusan kuliah, skripsi, tugas, kerja, ect. dan yang dipakai pun kebanyakan cuman 3 itu. tapi anehnya kok diinstall semua dari one note sampe publisher -___- sebenarnya, ini opsional dan tidak terlalu berpengaruh pada performa (lebih pengaruh ke space harddisk)

nahh, dari pengalaman saya tadi itulah yang biasanya menjadi penghambat bagi PC/Laptop untuk tetap ngebutt ; ) dan sebagai penutup saya berikan rekomendasi program buat PC/lappie tetep tokcer (lagi2 dari pengalaman, jadi CMIIW) :

1. Microsoft Security Essential : antivirus gratis dari mikocok, saya pake sejak setahun lalu, no virus, no problemo-it just work; enteng pulak (cuman 88k)

2. Everything desktop search : ini aplikasi search buat desktop yang luarr biasa enteng, cepet, kecil pulak. mungkin google desktop lebih baik (bisa nampilin dokumen preview, dkk) tapi yang saya tahu ini lebih enteng

3.CCleaner : program buat bersih bersih sampah komputer, mulai dari history, cache, cookies (harhgsdnas, apaan tuh?) dan kawan kawan lainnya. cukup enteng dan fiturnya lumayan komplit dibandingkan aplikasi lain sejenis

4. SumatraPDF : buat baca file2 pdf, sejauh yang saya tahu ini yang paling maknyuss

5. foobar2000 : music player yang "just work", tidak ada fitur aneh2 (equalizer aja ga ada presetnya, ahahahahaha), tapi FULL CUSTOMIZABLE. di tangan yang tepat, ini bisa jadi audio player yang super powerfull

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 

Blogger news


ShoutMix chat widget

About

THE WORLD OF COMPUTER © 2012 | Template By @rifqisulthan