Peng. Animasi & Desain Grafis


TUGAS APLIKASI ANIMASI

Tugas ini Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Peng. Animasi & Desain Grafis yang Diberikan oleh Ibu Diana Ikasari, ST, MMSi





Disusun Oleh :                  

Kalis Kinanti              (15114759)
Rifqi Sulthan Ikbari    (19114381)
Satya Dharmadi          (1A114085)



KELAS 3KA05
JURUSAN SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA






Gambar 1 (halaman awal)

Dalam halaman awal user akan disuguhi 3 tombol (tombol help, mulai, dan about). Desain halaman awal dibuat sedemikian kekanakanakan agar si user (siswa sekolah dasar) langsung tertarik dengan aplikasinya.


Gambar 2 (halaman menu)

Gambar di atas adalah halaman yang akan muncul bila tombol mulai di klik. Terdapat 4 menu dibagaian halama menu, dengan desain seperti ini tentu user akan tertarik dengan halaman ini.

Menu diantaranya :
Gambar 3 (Quiz)
Quiz pertanyaan mengenai bahasa inggris, agar anak-anak mudah mengenal grammar

Gambar 4 (What is it?)
Soal soal tebakan, dimana user harus menebak benda/buah yang muncul.

Gambar 5 (Find Words)
User harus mencari kata-kata dari kumpulan kata-kata secara acak.

Gambar 6 (Fast Typing)
User harus mengetik dan menebak gambar apa yang muncul dan user akan dikejar oleh waktu 7 detik untuk mengisi jawaban tersebut.


Gambar 7 (Gambar Quiz)

Gambar di atas adalah halaman menu Quiz, bisa kita lihat disitu terdapat kata kosong yang harus kita jawab dengan pilihan yang sudah ada, seperti pilihan ganda , jika jawaban sudah diklik maka akan lanjut ke soal berikutnya, tetapi jika jawaban salah maka nanti akan muncul notice salah .


Gambar 8 (Gambar What is it)

Gambar di atas adalah halaman menu What is it, dimana user akan disuruh menebak benda apa yang terdapat pada gambar diatas, tentunya hal ini akan membuat user lebih paham mengenai pengejaan kata dan arti dari buah atau benda tersebut.

Gambar 9 (Gambar Fast Typing)

Gambar di atas adalah halaman menu Fast Typing dimana user akan menebak dan mengetik secepatnya benda atau buah apa yang muncul disoal tersebut dengan batasan waktu 7 detik. Dengan demikian user akan terbiasa dengan mengetik dan menebak dengan cepat.


Gambar 10 (Gambar Find Words)

Gambar diatas merupakan halaman menu Find Words yang mana user akan mencari kata yang harus dicari dari daftar kata dibawah. Disini user akan terbiasa dengan kata-kata dan pengejaan benda benda sekitar dengan bahasa inggris. Jika user sudah menemukan salah satu dari daftar kata tersebut, maka kata yang ditemukan akan tercontreng dalam arti sudah ditemukan.


Gambar 11 (Icon)

Nantinya di akhir penginstallan, User akan diminta untuk memilih icon mana yang cocok untuk dijadikan icon aplikasi tersebut. Tentu user akan tertarik jika diberikan pilihan icon seperti ini .

Gambar 12 (Preview)

Gambar diatas adalah gambar dimana user yang telah memilih icon pilihannya .


CARA PEMBUATAN APLIKASI

1.             Kita buat layar per objek
          

2.             Membuat fungsi-fungsi untuk tombol pada aplikasi


Frame 1 
stop() di atas berfungsi untuk menghentikan frame agar kita dapat melakukan kontrol 
terhadap tombol-tombol yang telah dibuat.
gotoAndStop(2) berguna untuk melompat ke frame 2 (halaman about).


Frame 2            prevFrame() berfungsi untuk mengembalikan frame ke frame sebelumnya (halaman home).


Frame 4gotoAndStop(1) disini berfungsi untuk mengembalikan frame ke frame sebelumnya (main menu). 

Frame 6
gotoAndStop(8) disini berfungsi untuk berpindah ke frame main menu. 

Frame 8
gotoAndStop(9) berfungsi untuk berpindah ke frame halaman quiz.


Untuk listing fungsi selebihnya berguna untuk memindahkan frame ke frame halaman pilihan menu lain yaitu What is it, Find words, dan Fast typing

Untuk aplikasi dapat di unduh melalui link berikut :
Aplikasi Animasi Keedy

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

 

Blogger news


ShoutMix chat widget

About

THE WORLD OF COMPUTER © 2012 | Template By @rifqisulthan